BELAJAR, BERJUANG, BERTAQWA

Jumat

IPNU dan Sang peMimpi

Di penghujung tahun 2011 ini, ada sedikit mimpi dan banyak instropeksi, baik dalam diri atau sebagai organisasi. Diusia yang semakin tua ini, sudahlah kita berbuat apa untuk perubahan?

Visi IPNU adalah terbentuknya pelajar bangsa yang bertaqwa kepada Allah SWT, berilmu, berakhlak mulia dan berwawasan kebangsaan serta bertanggungjawab atas tegak dan terlaksananya syari’at Islam menurut faham ahlussunnah wal jama’ah yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Untuk mewujudkan visi tersebut, IPNU melaksanakan misi: (1) Menghimpun dan membina pelajar Nahdlatul Ulama dalam satu wadah organisasi; (2) Mempersiapkan kader-kader intelektual sebagai penerus perjuangan bangsa; (3) Mengusahakan tercapainya tujuan organisasi dengan menyusun landasan program perjuangan sesuai dengan perkembangan masyarakat (maslahah al-ammah), guna terwujudnya khaira ummah; (4) Mengusahakan jalinan komunikasi dan kerjasama program dengan pihak lain selama tidak merugikan organisasi.

Dari visi dan misi yang begitu mulia sudah berapa persenkah daya dan upaya kita untuk mewujudkannya? Apakah kita akan hanya bangga dengan kebesaran organisasi kita tanpa upaya ikut membesarkannya? Jika kitaikut membesarkannya, harus dengan apakah kita membesarkannya?

Sebagai organisasi yang besar IPNU tentu memerlukan energi yang besar pula untuk menggerakannya. Namun, bukan berarti kita membiarkan hal-hal kecil dalam organisasi. Atau bahkan justru kita harus melakukan hal-hal kecil yang berdampak besar dalam organisasi.

Selama ini  kita selalu terjebak pada kuantitas atau jumlah anggota dalam mengukur besar dan kualitas organisasi. Kita sering melupakan kualitas substansial orgainsasi dan kualitas kader sebagai pelaku orgainsasi.
Hal ini tentunya harus kita rubah dari sekarang. Kita tidak bisa terus membiarkan organisasi ini berjalan biasa-biasa saja. Rutinitas organisasi harus kita tingkatkan dengan baik. Setidaknya kita membentuk banyak kader pembelajar sebagai wujud dari Belajar Berjuang dan bertaqwa, slogan yang terus kita nyanyikan tiapkali kita bertemu.

semoga di tahun besok dan tahun-tahun berikutnya IPNU bisa terus meningkat dalam kualitas, agr cita-cita mulia para fanding bisa tercapai. waallahu a'lam bishowab

Oleh : ubaydillah faqih ,31 desember 2011

0 komentar:

Posting Komentar