BELAJAR, BERJUANG, BERTAQWA

Jumat

Facebook, pengaruhnya & sikap kita

Facebook. Adalah sebuah situs jejaring sosial yang sangat fenomenal, diluncurkan pertama kali pada tanggal 04 Februari 2004 oleh Mark Zuckerberg. Pada awalnya, website ini dikembangkan khusus dalam komunitas mahasiswa dan pelajar di Harvard. Kemudian berlanjut ke pengguna yang berasal dari perguruan tinggi atau universitas lainnya di luar Harvard, seperti Universitas Stanford, Columbia dan Yale. Baru setelah bulan Desember 2006, Facebook akhirnya dibuka untuk pengguna internet secara umum dengan syarat utama harus berusia diatas 13 tahun dan wajib memiliki akun email.
Menurut survey dari para ahli teknologi informasi & komunikasi dari berbagai belahan dunia, dari sejak pertama diluncurkan hingga tahun 2010 ini telah mencapai separuh lebih dari pendudukuk bumi telah menggunakan facebook dan untuk Indonesia sendiri adalah rangking pertama di Asia untuk penggunaan fecebook terbanyak dan menduduki peringkat kedua terbanyak setelah Inggris. Penggunanya pun bukan hanya dari kalangan remaja sekolah atau kuliah tetapi mereka yang tadinya jauh dari yang namanya internet pun sekarang sudah mahir mengoperasikan internet lantaran facebook, selain kalangan remaja tak kalah pula mereka yang sudak berumur atau berkeluarga, tak beda pula dengan anak-anak, meski pun secara umur mereka belum boleh mengakses facebook tetapi mereka tak kehabisan akal dengan mengubah umurnya agar dapat mengakses facebook / ber-facebook ria.

Facebook telah begitu banyak mengubah kondisi kejiwaan masyarajat dunia, dari yang biasa saja menjadi luar biasa, dari yang tidak jahat menjadi jahat atau sebaliknya.

Lalu apakah manfaat dari facebook yang sangat fenomenal itu? Jawabannya ada pada diri masing-masing facebooker, karena sebaigan dari mereka ada yang bertujuan untuk sekedar mendapatkan suasana baru dalam kehidupannya, sekedar mencari teman baru dengan cara yang berbeda atau juga mencari teman yang telah bertahun-tahun tidak bertemu, ada juga dari mereka menggunakan facebook sebagai media untuk berbisnis, saling mempengaruhi, ada juga untuk berdakwah, berdo'a yang diamini oleh teman dalam daftarnya, ada juga untuk sekedar mencurahkan / mengungkapkan perasaannya bahkan saling ejek,saling saling sindir dan saling menjatuhkan, itu sudah menjadi hal yang biasa. Dari semua itu, kembali lagi pada diri masing-masing facebooker.

Apa pun facebook itu dan apa pun yang ada padanya semoga kita bisa mendapatkan khimah dan memisahkan antara yang baik dengan yang buruk dan semoga dari facebook, kita dapat menjadi insan yang lebih baik, karena kebaikan dan keburukan yang akan kita peroleh ada di mana saja, dari siapa saja & kapan saja, tergantung dari bagai mana cara kita menyikapinya.

Oleh : 'thebrokenwings'

0 komentar:

Posting Komentar