BELAJAR, BERJUANG, BERTAQWA

Jumat

HARI KASIH SAYANG ???

Dengan menyebut nama ALLAH yang memberi kasih saying kepada smua makhlukNYA.

Melalui tulisan berikut, saya ingin mengingatkan diri saya sendiri & semoga bermanfaat kpd tman² smua.
Sperti yg sdang ramai dibicarakan orang² yg kbanyakan muda-mudi stiap masuk bulan Februari yaitu VALENTINE DAY atau yg akrab di tlinga org Indonesia adlh HARI KASIH SAYANG.
Sbenarnya apa si VALENTINE DAY / HARI KASIH SAYANG ITU??
Pnting gk si kita ngrayæn??
Stiap hari peringatan kejadian pasti ada asal muasalnya di waktu dulu. Sungguh mrupakan hal yg ironis (menyedihkan/tidak sepatutnya terjadi) apa bila kita ikut terjun dalam sbuah hari pringatan tanpa kita sndiri tau asal muasal hari yg dipringati tersbut.

So…Let’s find out what is the VALENTINE DAY….

SEJARAH TERJADINYA VALENTINE DAY.
Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya dengan penguasa Romawi pada waktu itu yaitu Raja Claudius II (268 - 270 M). Untuk mengagungkan St. Valentine, yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cubaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai 'upacara kegamaaan'.

Tetapi sejak abad 16 M, 'upacara keagamaan' tersebut mulai berangsur-angsur hilang dan berubah menjadi 'perayaan bukan keagamaan'. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari.
Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani (Kristen), pesta 'supercalis'  kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai 'hari kasih sayang' juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropa bahwa waktu 'kasih sayang' itu mulai bersemi 'bagai burung jantan dan betina' pada tanggal 14 Februari.

Dari sini dapat diambil kesimpulan bahwa moment(hal/saat/waktu) ini tidak lebih bercorak kepercayaan atau animisme belaka yang berusaha merosak 'akidah' muslim dan muslimah sekaligus memperkenalkan gaya hidup barat  dengan kedok percintaan (bertopengkan cinta), perjodohan dan kasih sayang. (Dikutip dari :http://tanbihul_ghafilin.tripod.com/valentineday.htm)

Gimana tman²??? Apa yg tmn² simlulkan ttg VALENTINE DAY?? Sbagai seorang muslim, apa kita mrayakan hari kmatian seorang pendeta??

Mari kita renungkan firman Allah s.w.t.: “Dan janglah kamu megikuti apa yang kamu tidak mempunyai pengetahuan tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan diminta pertanggung jawabnya”. (Surah Al-Isra : 36)
Hadis Rasulullah s.a.w:“ Barang siapa yang meniru atau mengikuti suatu kaum (agama) maka dia termasuk kaum (agama) itu”.

KASIH SAYANG DALAM ISLAM
Sebenarnya dalam Islam tidak mengenal Hari Kasih Sayang, kasih sayang dalam Islam terhadap sesama tidaklah terbatas dengan waktu dan dimanapun berada, baik untuk keluarga, kerabat, dan sahabat yang semuanya masih dalam koridor-koridor agama Islam itu sendiri. Nabi Saw., bersabda : "Cintailah manusia seperti kamu mencintai dirimu sendiri." (H.R. Bukhari). Islam sangat melarang keras untuk saling membenci dan bermusuhan, namun sangat menjunjung tinggi akan arti kasih sayang terhadap umat manusia. Rasulullah saw. bersabda : "Janganlah kamu saling membenci, berdengki-dengkian, saling berpalingan, dan jadilah kamu sebagai hamba-hamba Allah yang bersaudara. Juga tidak dibolehkan seorang muslim meninggalkan (tidak bertegur sapa) terhadap sudaranya lewat tiga hari." (HR. Muslim). (Dikutipdari : http://media.isnet.org/antar/etc/Valentine.html)

Semoga bermanfaat….Amin

Oleh : M Sairin ( 13 Februari 2012 )

0 komentar:

Posting Komentar